jamu untuk ayam aduan

Terbongkarnya Rahasia Jamu Untuk Ayam Aduan Terampuh

Ayam aduan memang membutuhkan perhatian khusus dari pemiliknya. Bukan hanya dalam jenis ayam, jumlah pakan, kandang, atau factor keamanan ayam, tapi juga perhatian pada stamina dan kelihaiannya dalam bertarung menjadi focus utama. Stamina ayam aduan yang baik memang bisa dihasilkan dari pakan yang dikonsumsinya, namun hal itu bukan semata- mata hal yang bisa membuat ayam menjadi kuat. Salah satu hal yang dilakukan para bobotoh agar ayam mereka jago bertarung adalah, dengan memberi jamu untuk ayam aduan mereka. Nah bila anda ingin mengetahui apakah resep jamu yang diberikan oleh para bobotoh sehingga ayam mereka sangat piawai saat bertarung, simak artikel berikut dan pastikan anda membacanya hingga tuntas.

Jamu Untuk Ayam Aduan Paling Ampuh

ramuan ayam aduan
ramuan ayam aduan

Berdasarkan jenisnya dan tujuan penggunaanya, jamu untuk ayam aduan itu ada bermacam- macam. Mulai dari jamu yang dibuat khusus untuk meningkatkan stamina sebelum diadu, menambah tenaga ketika ayam sedang lesu, jamu yang membuat nafas ayam panjang, pemulih kekuatan setelah melakukan laga, dan ada juga jamu kebal yang ditujukan ketika musim hujan datang agar ayam terhindar dari penyakit.

Jamu untuk ayam aduan sebelum berlaga

Pemberian jamu ini ditujukan untuk meningkatkan stamina si ayam sebelum mulai berlaga, bahan yang dibutuhkan adalah 5 lembar daun jeruk purut, 2 ruas jahe sebesar ibu jari, 2 ekor lele panggang, 2 ons daging kambing, 2 batang lidah buaya, 2 butir kuning telur bebek, dan kacang dan garam secukupnya. Berikut cara membuatnya:

  • Cacah jahe, daun jeruk purut, lidah buaya, daun kacang menjadi kecil.
  • Tumbuk semua cacahan tadi hingga menjadi halus, kemudian masukkan daging kambing, lele panggang, serta kuning telur bebek lalu campur dengan menumbuhknya.
  • Setelah semua bercampur, tambahkan sedikit gula merah kemudian jemur hingga kering.
  • Setelah adonan sudah kering, tambahkan madu hingga bahan- bahan menjadi kental menyerupai tekstur dodol.
  • Buatlah adonan menjadi bulatan kecil sebesar biji jagung, berikan setiap hari cukup 1 butir saja.

Jamu Untuk Ayam AduanĀ Penambah Tenaga

jamu ini diberikan pada ayam yang terlihat lesu, bisa juga diberikan untuk meningkatkan kekebalan tubuhnya ketika musim penyakit. Untuk membuatnya juga cukup mudah, anda hanya perlu menyediakan 5 lembar daun jeruk purut, 1 sendok the merica, 5 buah cabai jamu atau paying, 1 ekor ikan lele, dan madu. Berikut cara membuatnya.

Lumatkan cabai jamu, daun jeruk purut, beserta merica hingga bercampur. Kemudian masukkan kedalam tubuh ikan lele, lanjutkan dengan memanggang lele tersebut. Pastikan lele sudah disiangi sebelum memasukkan adonan kedalamnya, lalu lumatkan dan tambahkan sedikit madu. Bentuklah menjadi bulatan kecil menyerupai biji jagung, anda cukup memberinya 1 butir setiap harinya.

Jamu untuk ayam aduan pembuat nafas menjadi panjang

Dari namanya sudah pasti bahwa kegunaan jamu ini membuat nafas ayam menjadi lebih panjang ketika berlaga, karena nafas panjang adalah modal utama untuk memenangkan pertandingan. Pemberian jamu ini sangat penting agar ayam semakin bagus, namun perlu diimbangi dengan latihan yang rutin. Untuk membuatnya anda perlu menyediakan temu kunci, gula aren, dan asam jawa. Cara membuatnya yaitu dengan menghaluskan semua bahan dan merebusnya dalam satu gelas air putih, anda hanya perlu meminumkan air rebusan tersebut pada ayam dengan bantuan suntikan setiap 2 kali dalam seminggu.

Semoga ayam aduan anda menjadi ayam yang kuat dalam bertanding.