Tips Mencegah Kebiasaan Babon

Tips Mencegah Kebiasaan Babon Memakan Telurnya Agar Tidak Rugi

Tips Mencegah Kebiasaan Babon Memakan Telurnya Agar Tidak Rugi

Dalam dunia sabung ayam online, meningkatkan produktivitas ayam aduan tentu menjadi hal wajib setiap bobotoh dalam pemeliharannya guna mendapatkan anakan berkualitas. Namun sayangnya, tidak jarang selama perawatan bobotoh akan mengalami kendala tidak hanya pada pacek namun pada sang babon.

Biasanya kendala yang sering kali dialami adalah kebiasaan para babon yang akan mematuk dan memakan telurnya sendiri. Dimana babon yang sudah selesai bertelur akan dengan sengaja memecahkan hingga memakan telurnya sendiri. Yang nantinya akan menyebabkan kerugian tersendiri baik itu dalam menghasilkan keturunan hingga jumlah telur yang didapatkan.

Simak Juga : Penyebab Ayam Bangkok Berukuran Kecil Yang Harus Diperhatikan

Adapun jika tidak segera dicegah, tindakan ini juga dapat menular langsung pada indukan lainnya untuk ikut mematuk telurnya sendiri. Maka dari itu, pada artikel kali ini sendiri agen sabung ayam akan membahas mengenai beberapa langkah yang dapat dilakukan dalam mencegah babon memakan telurnya sendiri dalam.

Tips Mencegah Kebiasaan Babon Memakan Telurnya Agar Tidak Rugi

1.Menjaga Kondisi Lingkungan

Hal pertama yang dapat bobotoh lakukan adalah dengan memperhatikan kondisi lingkungan kandang para babon. Seperti membuat tempat untuk mengeram telur yang tidak mudah rusak atau padat. Biasanya tempat untuk babon mengeram ini dapat dibuat dengan ukuran 31*31 cm yang nantinya dapat di isi dengan 4 hingga 5 ekor babon. Sebaliknya jika terlalu kecil akan membuat peluang babon memecahkan telurnya sendiri semakin besar karena tidak sengaja terinjak.

Selain itu hal ini juga dapat menjadi faktor pemicu babon mudah stress karena sulit untuk bergerak dan membuatnya mematuk telurnya sendiri. Maka dari itu, dalam proses pembuatannya para bobotoh dapat membuat jarak antara kandang dengan tanah sekitar 61 cm tingginya. Dan jika perlu buat kandang babon yang dapat membuat telur yang dihasilkan mengelinding dalam satu tempat setiap bertelur.

2. Suasana Kandang Gelap dan Hening

Mencegah babon ayam aduan tidak stress dan gugup juga dapat dilakukan dengan membuat suasana kandang menjadi gelap dan hening. Kemudian buat daerah pintu kandang sedikit jauh dari sinar matahari. Dan tidak kalah penting adalah dengan membersihkan kandang dari benda yang dapat menghasilkan suara keras sehingga nantinya babon tidak mudah kaget dan dapat bertelur dengan nyaman.

3. Kandang Khusus Telur

Dalam pembuatannya, bobotoh dapat memanfaatkan jerami gandum dan juga selalu menjaganya dalam kondisi kering dan bersih. Telur yang dihasilkan nantinya akan ditempatkan semua dalam satu kandang. Usahakan untuk tidak selalu menumpuk telur dalam jumlah  banyak karena dapat membuatnya menjadi mudah pecah.

Tips Mengatasi Kebiasaan Babon Memakan Telurnya

1. Menjaga Babon Agar Tidak Bosan

Rasa bosan dapat menjadi pemicu babon ayam aduan memakan telurnya sendiri. Agar tidak terjadi, bobotoh dapat mencoba memberikan kubis yang digantung dalam kandang. Kemudian adalah dengan membiarkan babon untuk keluar kandang sehingga tidak mudah stress.

2. Pakan Yang Mencukupi

Selanjutnya adalah memenuhi asupan pakan babon ayam aduan agar selalu tercukupi. Terutama dalam memberikan pakan yang tinggi akan kandungan protein serta vitamin sehingga dapat menghasilkan anakan berkualitas.

3. Asupan Kalsium

Asupan kalsium juga menjadi bagian penting bagi setiap bobotoh untuk diperhatikan. Hal ini berguna agar telur yang dihasilkan tidak rapuh bahkan mudah retak dan rusak. Terlebih ketika sang babon tengah mengeram telurnya sendiri.

4. Pemberian Air Minum

Faktanya babon yang kurang minum juga dapat memicu sang ayam untuk memakan telurnya sendiri. Maka dari itu pastikan agar air minum pada babon selalu tercekupi dan air dalam kondisi yang bersih dan murni.

5. Menjauhkan Babon Dari Kebiasaan Jelek

  • Memisahkan kandang babon dengan telurnya sendiri
  • Atau bobotoh dapat dengan rutin mengambil telur yang sudah dihasilkan agar tidak menumpuk sehingga mudah pecah
  • Dapat menggunakan telur palsu sebagai pengalih agar babon tidak mematuk telurnya sendiri
  • Namun apabila sudah terlanjur parah, bobotoh dapat memanfaatkan penutup mata, penutup paruh, atau pisahkan babon pemakan telur dari babon lainnya.

Demikianlah artikel yang bisa tim Sabung Ayam Online berikan tentang Mengenali Tips Mencegah Kebiasaan Babon Memakan Telurnya Agar Tidak Rugi.

SitusAyamBangkok juga menyediakan permainan Sabung Ayam Online di dalam produk S1288 dan SV388. Kami siap memberikan pelayanan terbaik 24 jam nonstop bagi para calon pelanggan atau member dalam pembukaan akun(daftar) bersama kami.

Telah banyak player/member yang mendaftar dan memilih kami sebagai agen terpercaya. Selain itu, juga terdapat banyak bonus yang berlimpah sebagai hadiah / apresiasi kami kepada player/member setia kami.

Segera Hubungi Customer Service Kami melalui kontak yang tersedia maupun Live Chat di halaman situs. Terima Kasih.