Tips Menjinakan Ayam Bangkok

Tips Menjinakan Ayam Bangkok Liar Sehingga Mudah Dilatih

Tips Menjinakan Ayam Bangkok Liar Sehingga Mudah Dilatih

Dalam dunia sabung ayam, setiap ayam bangkok tentu memiliki sifat tarung yang berbeda-beda sebagai ciri khas yang dimiliki. Mulai dari sifat yang sudah terbentuk sejak lahir maupun yang harus dilatih karena masih liar.

Untuk jenis ayam aduan liar seperti ini tentu memiliki sikap yang sangat agresif dan sulit untuk diatur. Dimana hal ini menjadi kesusahan tersendiri bagi setiap bobotoh ketika akan melatihnya sebagai petarung terlatih. Pasalnya sang ayam tidak akan mau diam dan sulit untuk didekati, bahkan tak jarang mereke akan mematuk siapapun yang datang untuk mendekat.

Simak Juga : Latihan Ayam Bangkok Hingga Agresif Dalam Bertarung Di Arena Laga

Maka dari itu, penting bagi setiap bobotoh untuk menghilangkan sikap liar pada masing-masing ayam. Dan pada artikel kali ini sendiri, Situs Ayam Bangkok akan menjelaskan sejumlah cara yang dapat bobotoh terapkan guna menghilangkan sifat liarnya dalam.

Tips Menjinakan Ayam Bangkok Liar Sehingga Mudah Dilatih

Umumnya, ayam dengan sifat liat memiliki sejumlah ciri yang dapat dilihat. Seperti sulit didekati, mudah mematuk orang yang mendekatinya hingga akan meronta dan banyak bergerak ketika sudah dipegang yang nantinya malah merusak bulu ayam secara tidak langsung.

Jika dibiarkan, tentu hal ini dapat merusak mental ayam. Maka penting adanya perawatan pada sifat liar ayam aduan satu ini agar tidak semakin parah.

1. Memberikan Pakan Secara Langsung

Hal pertama yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan pakan pada ayam aduan secara langsung. Yakni dengan menyuapi sang ayam secara langsung tanpa perlu menggunakan tempat pakan. Pada awalnya, mungkin ayam akan sedikit meronta namun apabila sudah terbiasa sang ayam akan mulai terbiasa dan menurut.

Hal ini sendiri bertujuan agar ayam tidak mudah kaget ketika didekati serta panik. Dalam pemberiannya, bobotoh cukup memegang sang ayam sembari memberinya makan secara rutin dan lihatlah perubahan yang diberikan.

2. Memandikan Setiap Pagi Hari

Cara selanjutnya adalah dengan rutin memadinkan ayam aduan setiap pagi hari. Meski memang sudah menjadi tugas wajib, cara ini juga terbukti ampuh dalam menghilangkan sifat liar sang ayam. Hal ini juga akan membantu mengembalikan fungsi fisik serta mental sehingga akan terlihat berwibawa dan mempesona.

3. Menjemuar Ayam Bangkok Tanpa Menggunakan Alat

Usai dimandikan, tentu selanjutnya ayam harus dijemur terlebih dahulu dibawah sinar matahari untuk mengeringkan tubuhnya. Bedanya, jika biasa ayam dijemur dengan cara dimasukan ke kandang, untuk kali ini bobotoh dapat melakukannya sambil dipegang.

Lakukan penjemuran pada ayam aduan selama dua jam sebelum pukul 11.00 pagi guna menjaga kualitas bulu. Selain itu. tambahkan juga sentuhan lembut agar ayam merasa nyaman dan tidak meronta.

Baca Juga : Pemeliharaan Ayam Bangkok Guna Cetak Juara Tarung

Demikianlah artikel yang bisa tim Sabung Ayam Online berikan tentang Mempelajari Tips Menjinakan Ayam Bangkok Liar Sehingga Mudah Dilatih.