tips merawat ayam birma

Tips Merawat Ayam Birma Ampuh Tanding

Bila anda memiliki ayam birma, dan mencoba tips merawat ayam birma agar menjadi ayam menjadi lebih kuat. Anda perlu menyimak beberapa tips pada artikel ini. Pastikan anda membacanya hingga selesai sehingga tidak ada tips yang tertinggal satupun. Beberapa pengalaman yang saya dapatkan dari rekan- rekan mengenai ayam birma, mereka mengatakan bahwa ayam birma adalah ayam yang paling mudah untuk dilatih. Anda hanya perlu membuatkan kandang umbar yang cukup, serta pemberian vitamin yang cukup dipagi hari serta rutin memandikannya. Ayam yang sudah kering biasanya akan dilatih lompat sekitar 10 sampai 15 kali, itu semua tergantung kekuatan ayam itu sendiri. Kemudian mereka biasanya akan mengumbar ayam birma di kandang beralaskan pasir, agar otot dan sayap ayam menjadi lentur. Itu menurut beberapa rekan yang sama- sama penghobi ayam birma.

Tips Merawat Ayam Birma Dari Pengalaman

ayam birma
ayam birma

Namun beda halnya dengan masyarakat Bangkok, memang beberapa tips merawat ayam birma yang dilakukan hampir sama dengan pelatihan rekan – rekan saya. Yang membedakan adalah tambahan latihan yang diberikan, masyarakat Bangkok memberikan latihan tambahan berupa renang. Tujuannya agar perkembangan otot sayap dan paha menjadi lebih kuat. Mereka juga melompatkan ayam mereka, dalam seminggu biasanya dilakukan sebanyak 3 kali dengan total 30 sampai 40 lompatan.

Itu hanya beberapa tips merawat ayam birma yang dilakukan rekan- rekan saya dan warga Bangkok, lalu latihan seperti apakah yang sangat diperlukan ayam birma agar menjadi ayam yang kuat? Mari simak tips merawat ayam birma berikut ini.

Ayam Birma Adalah Ayam Liar

Pada dasarnya ayam birma itu hampir sama dengan ayam hutan, dimana mereka membutuhkan kebebasan. Kadang para pemilik ayam tidak mengetahui hal ini, mereka hanya ingin ayam mereka dilatih menurut keinginan mereka.

  • Berilah sarapan yang cukup pada ayam dipagi hari.
  • Mandikan ayam secara rutin, usahakan memandikannya hingga ayam menggigil.
  • Setelah selesai memandikannya, jemurlah ayam anda hingga ayam benar- benar kering. Jangan meletakkan di terik panas terlalu lama, karena itu bisa membuat ayam birma menjadi loyo.
  • Pindahkan ke tempat yang teduh bila bulu ayam sudah terlihat kering.
  • Berikan air minum setelah penjemuran, agar ayam tetap merasa segar dan mengembalikan staminanya setelah menggigil dimandikan.
  • Lompatkan sekuat ayam anda, misalnya ayam mampu melompat lebih dari 15 kali anda hanya perlu melompatkan ayam sebanyak 10 kali saja. Lakukan latihan lompat ini setiap hari.
  • Setelah mencapai satu minggu, naikkan porsi lompatan ayam anda, namun anda perlu mengecek kondisi ayam anda. anda tidak perlu memaksakan menambah porsi lompatan, bila anda melihat ayam anda dalam kondisi yang belum kuat.
  • Letakkan di kandang umbar yang terdapat pijakan, sehingga bila ayam ingin melompat bisa melompat sendiri.
  • Biarkan ayam di kandang umbar selama 3 sampai 4 jam
  • Dalam seminggu coba lakukan metode ini dihari senin – kamis
  • Pada hari jumat cukup dimandikan saja
  • Istirahatkan di hari sabtu, dan coba lakukan abar di hari minggu. Lihatlah perkembangan ayam anda.

Hal ini sering saya lakukan secara rutin, dan syukur hasil yang saya dapatkan positif. Namun setiap ayam memiliki metode pelatihan yang berbeda, sehingga bisa menjadi ayam andalan. Jangan lupa untuk memberinya vitamin agar ayam tetap fit. Itulah tips merawat ayam birma, kami akan sangat senang bila anda para senior mau memberi masukan untuk pengetahuan para pemain baru.